Beberapa Penyakit Mata Pada Ayam Petarung

Beberapa Penyakit Mata Pada Ayam Petarung – Dalam peternakan ayam aduan atau judi sabung ayam, perawatan pada ayam wajib dilakukan secara rutin dan berkala. Karena kesehatan pada ayam adalah salah satu hal terperting agar dapat bertarung di arena sabung ayam taji. Disini kami mencoba tekankan kembali kesehatan juga mempengaruhi pertarungan ayam saat bertarung apalagi ayam tersebut memiliki nama di arena. Biasanya penyakit yang menyerang ayam petarung adalah dibagian sensitifnya seperti mata.

Mata pada ayam ummunya mudah diserang penyakit, apalagi ayam tersebut adalah ayam petarung yang sangat aktif beradu. Menurut bebotoh penyakit yang sering menyerang ayam petarung adalah virus, cacingan dan luka saat bertarung. Bebotoh biasanya akan menjaga mata ayam tersebut, karena bagian mata pada ayam petarung sangat berperan penting saat beradu.

Penyakit tersebut dapat diobati langsung dengan menggunakan obat tradiosional maupun obat yang langsung jadi. Menurut laporan yang dikutip oleh agen sabung ayam yang didapatkan langsung dari para bebotoh, biasanya mereka akan mengobati penyakit mata ayam petarung dengan menggunakan obat alamia. Bebotoh lebih menyukai memberikan obat alamia dibandingkan dengan memberikan obat jadi yang dijual di toko hewan/unggas. Selain mudah didapat, bebotoh tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli obat-obatan. Cukup dengan memanfaatkan bahan alamia ayam akan lekas sembuh.

Beberapa Penyakit Mata Pada Ayam Petarung

Apabila bebotoh yang masih binggung dengan obat alamia apa saja yang dibutuhkan saat ayam petarung anda mengidap sakit mata. Maka bebotoh tidak salah lagi mengunjungi situs ini, disini kami akan memberikan informasi seputar beberapa penyakit mata pada ayam petarung dan cara mengatasinya.

Terinfeksi Virus dan Bakteri

Mata ayam paling mudah terserang virus dan bakteri sehingga membuat bebotoh cemas. Penyakit ini tidak dapat kita prediksikan kapan akan terjadi, namun penyakit ini akan datang secara tiba-tiba mengikuti saat pancaroba. Di saat seperti itu, anda jangan langsung memberikan obat, anda harus mencari tahu terlebih dahulu gejalanya. Jika gejala yang ditujukan itu seperti mata ayam berair. Lalu, alami abuh. Warna kelopak matanya akan jadi merah serta sayu. Apabila benar maka anda dapat langsung memisahkan dengan ayam lainnya agar tidak tertular ke ayam lain.

Terinfeksi Cacing

Mata ayam jarang sekali terinfeksi dengan cacing, namun, jika suatau hari ayam petarung anda mengidap penyakit ini maka segera memberikannya pengobatan. Jika lambat member pengobatan maka akan berakibat fatal, untuk itu anda sebagai bebotoh harus dapat mengetahui ciri-cirinya. Ciri – cirinya ialah seringkali muncul tahi, lantas kelopak mata bengap serta siang hari matanya seringkali ditutup.

Untuk memastikan ayam petarung anda terinfeksi cacing, anda dapat membuka mata ayam anda secara perlahan dan perhatikan apakah dimatanya ada cacing sehalus rambut. Jika ada maka anda harus segera mungkin membat obat matanya. Anda dapat memanfaatkan dau tembakau. Teteskan mata ayam kurang lebih 3-5 tetesan, setelah itu tunggu sekitar 5 menit. Cacing tersebut akan keluar dari mata, berikan obat ini hingga mata ayam tersebut benar-benar sembuh.

Luka Terkena Jalu

pertarungan yang sengit di arena sabung ayam sudah biasa terjadi hingga ayam mengalami luka di berbagai bagian tubuh. Luka yang di alami seperti luka robek, atau pecah pada tepi mata. Luka itu muncul sudah jelas karena terkena jalu lawan. Jika mengetahui ayam anda terkena jalu dimatanya, maka anda harus segera memberikan pertolongan pertama. Anda dapat menggunakan beberapa daun kelor, getah daun kelor yang digunakan untuk mengobati penyakit mata pada ayam tersebut. Pastikan getah yang anda berikan terserap di matanya dan terakhir tutup dengan potongan plaster.

Mengobati Penyakit Mata Ayam Petarung

1. Teteskan obat mata yang sering kita gunakan, sekitar 3 tetes. Lakukan hal tersebut berulang di pagi dan juga sore hari hingga mata ayam benar – benar pulih.

2. Teteskanlah perasan daun sirih Atau Daun Katuk seperlunya. lakukan hal ini dengan berulang pada malam serta pagi hari sampai benar – benar sembuh kembali.

3. Jika penyakit mata ini telah kronis. Alangkah baikanya, jika Anda memakai Eye Chick saja. Itu ialah obat mata spesial ayam aduan. Untuk memperolehnya begitu gampang, Anda dapat membelinya di toko – toko pakan atau apotek yang ada di sekitar rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *