Ciri Khas Membedakan Ayam Birma Dengan Ayam Pama

Ciri Khas Membedakan Ayam Birma Dengan Ayam Pama, Arena sabung ayam kini tak hanya di dominasi oleh ayam bangkok saja, melainkan beberapa jenis ayam lainnya juga unjuk gigi di arena sabung ayam. Saat ini beberapa jenis ayam aduan juga dapat menjuarai pertandingan di arena sabung ayam seperti ayam birma dengan ayam pama.

Kedua jenis ayam tersebut memiliki kemampuas bertarung yang luar biasa saat berada di arena sabung ayam. Walaupun saat ini ayam bangkok masih mendominasi kemenangan di arena sabung ayam taji maupun sabung ayam pukul. Akan tetapi, ayam birma dan ayam pama juga tak mau kalah bersaing dengan ayam bangkok di dalam arena sabung ayam.

Ayam Birma berasal dari negara Myanmar, dimana negera tersebut sama seperti negara kita sangat menggemari aduan ayam. Ayam birma biasa di panggil dengan ayam burma di negaranya Myanmar. Sejak di bawa dan dilatih oleh peternak sabung ayam di Thailand, ayam ini dapat memberikan perlawanan bahkan meraih kemenangan.

Ayam pama biasa dipanggil dengan sebutan Ayam Pakhoy diambil dari bahasa siam yang berarti penumpas setan atau pembunuh setan, dimana setan yang dimksud adalah sebutan untuk ayam birma. Jenis ayam aduan yang gagah ini terlahir dari kawin silang antara jenis ayam Malaysia dengan ayam Bangkok.

Walaupun kita ketahui kedua jenis ayam memiliki sejarah yang berbeda-beda, tetapi kedua ayam ini memiliki ciri khas yang unik pada masing-masing ayam aduan ini. Sangat mudah membedakan kedua jenis ayam ini karena kedua saling memiliki ciri khas membedakan ayam birma dengan ayam pama yang dapat anda lihat secara langsung.

Ciri khas dari kedua ayam ini tidak berbeda jauh, perlu adanya ketelitian saja. Mungkin ada sebagai seorang pemula yang bergelut di dunia sabung ayam tidak begitu mengerti akan hal ini. Oleh sebab itu, kita akan mengupas dengan singkat ciri khas membedakan ayam birma dengan ayam pama kepada anda semuanya.

Ciri Khas Membedakan Ayam Birma Dengan Ayam Pama

Ciri Khas Ayam Birma

  • Postur tubuhnya persis dengan ayam lokal atau ayam kampung.
  • Berat tubuhnya dibawah 3kg.
  • Memiliki jari kaki yang runcing dan panjang.
  • Tulang kecil dan sedikit tipis.
  • Warna bulunya merah, abu-abu dan ada campuran warna wido.
  • Gaya bertarung yang gesit dan lincah menghindari pukulan lawan.
  • Mampu memanfaatkan peluang untuk menyerang.

Baca Juga : Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan Ayam Bangkok Aduan

Ciri Khas Ayam Pama

  • Postur tubuh lebih besar daripada ayam birma.
  • Bulu lebat dan mengkilat dengan warna warna kuning, merah, hitam, hijau dan abu-abu.
  • Ukuran kaki kecil dan berbentuk bulat sama seperti silinder.
  • Ayam pama asli kakinya berwarna terang.
  • Sisik kaki ayam parma akan keras dan kering.

Sampai disini dulu pembahasan mengenai ciri khas membedakan ayam birma dengan ayam pama. Semoga artikel ini membantu peternak ayam aduan dan kami akan tetap memberikan informasi mengenai ayam aduan, sabung ayam taji, sabung ayam pukul dan agen sabung ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *